12 Oktober, Google Merayakan Ulang Tahun Art Clokey, Bapak Stop Motion Clay Animation

    http://emka.web.id/wp-content/uploads/2011/10/doodle.png
    Arthur Clokey, atau dikenal dengan Art Clokey. Siapakah Art Clokey? Clokey yang mempopulerkan gerakan animasi yang ketika itu masih menggunakan material dari tanah liat. Art Clokey lahir di Detroit, Michigan pada tanggal 12 Oktober 1921. Ayah Clokey meninggal pada insiden kecelakaan dan akhirnya ia pindah ke suatu daerah bersama Ibu dan ayah tirinya. Namun ironisnya, Ayah tiri Clokey tidak ingin mengasuhnya hingga Clokey akhirnya dikirim ke panti asuhan. Dan ketika usianya 12 tahun, Clokey diadopsi oleh seorang musisi clasik, yaitu Joseph W Clokey. Clokey di sekolahkan pada jurusan seni yang spesifiknya pada gambar, lukisan, serta pembuatan film dalam perjalanan kehidupannya semasa di Kanada dan Meksiko. Itulah sedikit ulasan biografi Art Clokey.

    Berawal pada tahun 1955, dimana ketika itu Clokey mencoba untuk melakukan eksperimen pembuatan film animasi. Proyek film animasi Clokey yang pertama adalah Gumbasa. Dan sejak itulah Clokey bersama istrinya membuat Gumby, proyek Clokey yang merupakan film animasi dengan figure seperti batu hijau yang bergerak seperti manusia – atau kalau anda masih merasa bingung seperti apa figurnya, secara kartun contohnya seperti Nickeloden – tapi bentuk fisiknya berbeda. Selain Gumbasa, pada tahun 1960, film kedua Clokey yang terkenal pada masanya adalah Davey & Goliath. Davey & Goliath ketika itu menjadi salah satu film favorit ditayangkan di televisi dengan pesan moral tentang iman dan keyakinan beragama.


    Maka dari itu, Art Clokey dapat dikatakan sebagai pelopor film animasi yang kita bisa lihat saat ini bagaimana perkembangan film animasi dari jaman dulu sampai sekarang ini. Seperti yang dikembangkan oleh Steve Jobs bersama Pixar Animation Studios, DreamWorks Animation seperti Kungfu Panda atau Madagascar 2, dsb. Hal tersebut tentunya juga karena kontribusi Art Cloney hingga akhirnya film animasi memiliki daya tarik serta karakter tersendiri saat ini.

    So, Apa arti Google doodle hari ini? (12 Oktober) sebagai suatu penghormatan terhadap Art Clokey terhadap jasa atau kontribusinya terhadap film animasi, wajar jika Google sebagai search engine yang dipercaya hampir di setiap negara menjadikan Art Clokey sebagai theme pada Google Doodle hari ini.

    Kalau anda ingin sedikit fun pada tampilan Google hari ini, silahkan klik setiap figure (bola) yang ada pada tampilan pada Google Doodle hari ini.
     
     
     

Post Title

12 Oktober, Google Merayakan Ulang Tahun Art Clokey, Bapak Stop Motion Clay Animation


Post URL

http://beautykerihilson.blogspot.com/2011/10/12-oktober-google-merayakan-ulang-tahun.html


Visit Beauty Keri Hilson for Daily Updated Beauty Keri Hilson

Popular Posts

My Blog List

Blog Archive